Minggu, 13 November 2011

5 Langkah Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mengurangi Bahaya Pemanasan Global

Pembakaran bahan bakar fosil seperti gas alam, batubara, minyak dan bensin akan menaikkan tingkat karbon dioksida di atmosfer.  Karbon dioksida adalah penyumbang utama efek rumah kaca dan pemanasan global. Namun Anda dapat membantu untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, yang pada gilirannya mengurangi bahaya pemanasan global, dengan menggunakan energi lebih bijaksana.


Berikut adalah 5 tindakan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi bahaya pemanasan global.

1. Reduce, Reuse, Recycle
Apakah Anda pernah ambil bagian untuk mengurangi limbah dengan memilih produk  yang dapat digunakan kembali , daripada yang sekali pakai (reuse = menggunakan kembali) . Membeli produk dengan kemasan minimal , termasuk ukuran ekonomi  akan membantu untuk mengurangi limbah (reduce = mengurangi) . Dan kapan pun Anda bisa, daur ulang kertas, plastik, koran, gelas dan kaleng aluminium dari sampah anda (recycle = daur ulang).

Dengan daur ulang setengah dari sampah rumah tangga Anda, maka Anda dapat mengurangi hingga 1,2 ton karbon dioksida (CO2) per tahun.

2. Mengganti Bohlam Lampu
Ganti  bola lampu pijar andadengan lampu neon kompak (CFL= compact fluorescent light). Mengganti  bola lampu pijar dengan CFL akan menghemat  usia pakai bola lampu. CFL juga tahan 10 kali lebih lama daripada lampu pijar, menggunakan dua-pertiga energi lebih sedikit, dan melepaskan panas 70 persen lebih sedikit.

3. Gunakan Saklar  ”Off”
Menghemat listrik dan mengurangi pemanasan global dengan mematikan lampu ketika Anda meninggalkan ruangan, dan menggunakan cahaya hanya sebanyak yang Anda butuhkan. Dan ingat untuk mematikan televisi, video player, stereo dan komputer saat Anda tidak menggunakan mereka.

Ini juga merupakan ide bagus untuk mematikan air ketika Anda tidak menggunakannya. Sementara menyikat gigi, keramas atau mencuci kendaraan Anda, matikan air sampai Anda benar-benar membutuhkannya. Anda akan mengurangi tagihan air dan membantu untuk melestarikan sumber daya vital.

4. Menanam Pohon
Jika Anda memiliki alat untuk menanam pohon, mulailah menggali. Selama fotosintesis, pohon dan tanaman lain menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Mereka adalah bagian integral dari siklus pertukaran atmosfer alami di Bumi, tetapi terlalu sedikit jumlah pohon untuk sepenuhnya melawan peningkatan karbon dioksida yang disebabkan oleh lalu lintas mobil, industri dan kegiatan manusia lainnya.

Sebuah pohon tunggal akan menyerap sekitar satu ton karbon dioksida selama masa hidupnya.

5. Mendorong Orang Lain untuk Melestarikan
Berbagi informasi tentang daur ulang dan konservasi energi dengan teman, tetangga  dan rekan kerja. Termasuk mendorong  pejabat publik untuk menetapkan program dan kebijakan yang baik untuk lingkungan.

Setidaknya 5 langkah ini akan membawa Anda ke arah mengurangi penggunaan energi termasuk anggaran bulanan Anda. Dan menghematenergi berarti mengurangi ketergantungan dari bahan bakar fosil yang menciptakan gas rumah kaca dan memberikan kontribusi terhadap pemanasan global.

Narasumber : DreamIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar